MODUL
5
PROGRAM
TURBO DEB C++
Dasar Teori
A.
Pemrograman
Pengertian
Memberikan intruksi
kepad komputer agar dapat bekerja sesuai yang dikendaki .
ü Yang
dipahami atau dijalakan oleh komputer: data dan intruksi dalam bentuk biner (
rankaian bit-bit bernilai ‘0’ dan ‘1’).
ü Yang
dipahami manusia : logika, aritmetika, algoritma, konsep, model dan sebagainya.
Untuk menjebatani, maka dibuatlah pemrograman, yang menerjemahkan apa yang
dikendaki / dimengerti manusia menjadi intruksi mesin komputer.
Klasifikasi
pemograman dasarkan tingkat
1. Bahasa
tingkat rendah => memetakan setiap intruksi dari kode sumber kedalam satu
intruksi bahasa mesin. Biasa disebut juga bahasa assembly.
2. Bahasa
tingkat tinggi => memiliki kedekatan dengan bahasa dan cara berpikir
manusia. Contoh bahasa pascal.
3. Bahasa
tingkat menengah => antara kedua tingkat diatas. Contoh: bahasa c.
B.
Cara
kerja
Penerjemahan dari
bahasa sumber ke bahasa tingkat tinggi ke dalam intruksoi mesin dilakukan
dengan dua macam cara, yaitu kompilasi dan interpretasi.
1. Kompilasi
merupakan penerjemah keseluruhan kode sumber menjadi kode biner, yang
selanjutnya diakses oleh mesin / komputer.
2. Interpretasi
merupakan penerjemah baris per baris kode sumber kedalam intruksi komputer yang
bersesuaian.
C.
Dasar
Turbo C
C merupakan bahasa yang dipakai untuk keperluan
pemrograman sistem, antaralain untuk membuat : Assembler, interpreter, program
paket, sistem operasi, editor kompiler, program bantu (Utility). Dalam bahasa
literatur, C digolongkan dalam bahasa aras menengah ( medium level language).
D.
Pembnuatan
program
Secara umum pembuatan
program C meliputi kegiatan berikut :
1. Menulis
program.
2. Mengkompilasi
program
3. Menguji
proogram
4. Menympan
program
E.
Dasar
pemograman
1. Mengenal/identifier
(a...z, A...Z/0...9/0...9,A...F,a....f, garis bawah _ )
2. Tipe
data dasar ( bilangan bulat, bilangan real, karakter, tak bertipe ) seperti
char, int, float, double, void.
3. Variabel
4. Operator
ü Aritmatika
(operator binary :, +, -, *, /, DIV, MOD, dan operator unary :+, -)
ü Logika/Bolean
(AND,OR,NOT,XOR)
ü Relasional
(= > < > = < = < >)
5. Ungkapan
/ ekspresi
Praktek
Langkah
pengerjaannya :
1.
Klik start > programs > Dev C++,
atau tinggal search pada menu start Dev C++
2.
Tunggu sampai muncul jendela editor dev
C++
3.
Mulai membuat program sederhana. Klik
menu file > pilih new. Ketikan program seperti di bawah ini.
4.
Untuk melihat hasilnya ctrl+f9 atau bisa
dengan menekan compile pada title bar diatas.
Keterangan program :
Funsi main () merupakan titik awal dan
titik akhir eksekusi program.
Tanda {} merupakan awal dan akhir dari
pembuatan program
Funsi printf yaitu menampilkan suatu
keluaran pada layar
#include merupakan salah satu jenis
pengarah praprosesor di pakai untuk membaca file yang dinamakan file-judul
(header file).
5.
Pada aplikasi dev c++ saat meng compile
atau meran atau menampilkan hasil program maka aplikasi tersebut akan otomatis
meminta meng save programnya lalu kasih nama file program yang di simpan.
6.
Variabel
Variabel digunakan
dalam program untuk menympan suatu nilai, dan nilai yang ada padanya dapat di
ubah-ubah selama eksekusi program berlangsung.
ü Mendeklarasikan
variabel
Variabel yang akan
digunakan dalam program haruslah dideklarasikan terlebih dahulu artinya memesan
memori dan menentukan jenis data yang bisa disimpan di dalamnya.
Bentuk pernyataan :
tipe daftar-variabel
Contoh :
Int jumlah;
Float harga_per_unit,
total_harga; ( tanda koma merupakan pemisah antar variabel)
ü Memberikan
nilai ke variabel
Yaitu untuk memberikan
nilai ke variabel yang telah di deklarasikan.
bentuk pernyataan :
variabel = nilai
contoh : jumlah=10;
harga_per_unit=17,5;
praktek :
#include<stdio.h>
#include<stdio.h>
main()
{
int jumlah;
float harga_per_unit, harga_total;
jumlah=10;
harga_per_unit=17,5;
harga_total=jumlah*harga_per_unit;
printf("harga total = %f\n",harga_total);
}
ü Inisialisasi
variabel
yaitu memberikan nilai
awal setelah dideklarasikan
contoh int = 10;
prktek :
#include<stdio.h>
main()
{
int jumlah=10;
float harga_per_unit=17.5;
float harga_total;
harga_total=jumlah*harga_per_unit;
printf("harga total = %f\n",harga_total);
}
ü Perbedaan
variabel bertipe float dan double
Tipe double memiliki
kawasan nilai yang lebih besar dibandingkan dengan tipe float dan ketelitian
digit (16 digit)
Praktek :
#include<stdio.h>
main()
{
float x;
double y;
x=56.0123456789123456789;
y=56.0123456789123456789;
printf("x=%20.16f\n",x);
printf("y=%20.16f\n",x);
}
7.
Konstanta
Konstanta menyatakan
nilai yang tetap. Berbeda dengan variabel, suatu konstanta tidak
dideklarasikan. Namun seperti halnya variabel, konstanta juga memiliki tipe.
8.
Operator
Merupakan sombol atau
karakter yang bisa dilibatkan dalam progaram untuk melakukan sesuatu operasi
atau manipulasi, seperti menjumlahkan dua buah nila, memberikan nilai ke suatu
variabel, membandingkan kesamaan dua buah nilai.
Contoh : a+b;
ü Operator
aritmetika
ü Operator
penurunan atau penaikan
ü Prioritas
operator aritmetika
9.
Ungkapan
Ungkapan ( eksperesi )
dalam C dapat berupa : pengenal konstanta, variabel.
Contoh : 3+2-1
Pada ungkapan di atas 3,2 dan 1 merupakan
operand, sedangkan +, - merupakan operator dan nilai ungkapan adalah hasilnya.
0 komentar:
Posting Komentar