Home » » Grafika dan Multimedia

Grafika dan Multimedia

 MODUL 4
GRAPIKA DAN MULTIMEDIA


*   Dasar Teori
Flesh merupakan program grafis multimedia dan animasi yang dapat dipergunkan untuk membuat aplikasi web interaktif yang menarik. Selain digunkan sebagai media pembuat web interaktif flash dapat di manfaatkan sebagai program pembuat gime.
*   Praktek
Langkah Pengerjaan :
1.        Klik start, pilih programs, kemudian pilih macromedia flash MX.  Jika sudah ada tampilan di dekstop maka tinggal klik kanan lalu pilih run administrator. pada aplikasi flashnya. Seperti gambar dibawah ini.
                                 

2.        Maka akan muncul layar dekstop seperti gambar di bawah ini. 
                                     

3.        Untuk membuat animasi kita harus siapkan terlebih dahulu layar dan ukuran layar.


4.        Dibawah are kerja terdapat actions- frame dan propeties, kita akan pilih propeties, kemudian pilih size lihat pada gambar di bawah ini.


5.        Isikan dimensionesnya dengan ukuran yang kita inginkan, disini kita akan mengisi width 500 Px dan height 100 Px. Kemudian pilih oke.


6.        Kemudian diarea kerja tersebut kita memulai membuka teks yang akan dianimasikan, contohnya kita akan menulis Go Belajar Bareng. Untuk membuat tulisan klik icon text Tool (T).


7.        Kemudian klik diarea kerja yang sudah kita siapkan tadi. Contohmya kita buat tulisan Go Belajar bareng.
8.        Untuk merubah hurup dan warnanya kita gunakan pada properties, lihat gambar dibawah ini.
9.        Kita pilih warna hitam dan font Times New Roman. Baru kita jadikan teks itu menjadu=i animasi carany sebagai berikut:
10.    Klik layer 1. Untuk membuat warna tulisan tampak menarik kita harus membuat layer baru yaitu dengan cara mengkilik layer insert, akan muncul layer 2.



11.    Kemudian kita buat warna dasar yang menarik, kita bisa menggunakan bentuk gambar atau warna yang kita buat sendiri. Contoh kita menggunakan dengan gambar/photo.
12.    Pilih menu file, Import lalu cari gambar yang kita gunakan.
13.    Kemudian kita samakan gambar yang kita inport tadi dengan ukuran layar kerja seperti gambar 1.8
14.    Kemudian kita pilih layer  dan klik layer 20 kemudian klik kanan pada frem 20 dan pilih insert keyframe
15.    Begitu juga dengan layer 1. Kita lakukan hal yang sama dengan layer 2. Kemudian kita pilih layer 2 dan klik titik hitam di frame 30 dan klik kanan lalu pilih create Motion Tween.
16.    Masih di layer 2 kali ini kita klik frame 1 dilayer 2 dan klik kanan lalu pilih Create Motion Tween.
17.    Layer 2 akan berubah seperti di bawah ini.
18.    Kemudian di frame 30 pada layer 2 kita geser gambar kearah yang berbeda dengan mengklik gambar tersebut dan menggeserkannya.
19.    Setelah itu kita pindahkan layer 1 berada diatas layer 2 dengan cara menklik tulisan layer 1 dan menggeserkannya ke atas layar 2.
20.    Setelah itu klik kanan tulisan layer 1 dan pilih maks.
21.    Untuk melihat hasilnya klik control, test move kita bisa melihat hasilnya.
22.    Bila hasilnya telah selesai sesuai yang kita inginkan maka langkah selanjuatnya yaitu menyimpan dengan cara klik file, publish setting.... akan muncul tampilan seperti gambar 2.2
23.    Di dalam publish setting kita pilih flash (swf) atau klik publish lalu setelah itu oke. Dan klik file save as bari nama kamus dan save setelah itu kempali klik file, publish.
24.    Setelah selesai kita lihat hasilnya dengan membuka documen yang telah kita save.



*   Mengenal simbol dan animasi frame By frame.
*   Dasar teori
Simbol adalah object yang ada pada document flash ddan dapat di duplikasi sebanyak-banyaknya ke move.
Tampa menambah ukuran movie tersebut, secara umum pada flash, dikenal 3 jenis simbol yaitu :
ü  Movie Clip
ü  Button
ü  Grafhic
Teknik animasi frame by frame merupakan teknik dasar, diamana kita harus membuat secara manual setiap pergerakan objek di stage. Teknik animasi ini bnyak digunakan pada pembuatan film kartun karena pergerakannya sangat halus, namun pembuatannya di butuhkan kesabaran dan ketelitian sehingga memakan waktu yang sangat lama.
*   Praktek
Latihan 1
1.        Buka document / lembar kerja baru cara klik file => new
2.        Klik oval tool pada ToolBox, lalu atur warnanya di ToolBox dengan bagian color.
3.        Klik tombol fill color, lalu pilih warna biru.
4.        Buat sebuah lingkaran di stage, hasilnya kita akan mendapatkan sebuah lingkaran berwana biru klik Selection Tool, kemudian seleksi objek lingkaran yang ada Stage lalu klik kanan => pilih convert to symbol. Kotak dialog convert to symbol akan muncul. Pilih jenis simbol graphic, kemudian ganti name dengan nama “ symbol lingkaran”=>klik oke.
5.        Setelah objek menjadi simbol, objek tersebut akan mempunyai icom masing-masing sesuai simbolnya. Ikon symbol tersebut dapat dilihat pada panel library. Untuk melihatnya klik windows pada menu bar => library
6.        Buat bentuk kotak dengan menggunakan rectangle tool kemudian coba anda konfersikan dengan menggunkan type movie atau button. Kemudian lihat ikon tersebut pada panel library.

7.        Kemudian simpan praktek diatas.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer