MODUL 4
GRAPIKA
DAN MULTIMEDIA
Dasar Teori
Flesh merupakan program grafis
multimedia dan animasi yang dapat dipergunkan untuk membuat aplikasi web
interaktif yang menarik. Selain digunkan sebagai media pembuat web interaktif
flash dapat di manfaatkan sebagai program pembuat gime.
Praktek
Langkah
Pengerjaan :
1.
Klik start, pilih programs, kemudian
pilih macromedia flash MX. Jika sudah
ada tampilan di dekstop maka tinggal klik kanan lalu pilih run administrator.
pada aplikasi flashnya. Seperti gambar dibawah ini.
3.
Untuk membuat animasi kita harus siapkan
terlebih dahulu layar dan ukuran layar.
4.
Dibawah are kerja terdapat actions-
frame dan propeties, kita akan pilih propeties, kemudian pilih size lihat pada
gambar di bawah ini.
5.
Isikan dimensionesnya dengan ukuran yang
kita inginkan, disini kita akan mengisi width 500 Px dan height 100 Px. Kemudian
pilih oke.
6.
Kemudian diarea kerja tersebut kita
memulai membuka teks yang akan dianimasikan, contohnya kita akan menulis Go Belajar Bareng. Untuk membuat tulisan klik icon text Tool (T).
7.
Kemudian klik diarea kerja yang sudah
kita siapkan tadi. Contohmya kita buat tulisan Go Belajar bareng.
8.
Untuk merubah hurup dan warnanya kita
gunakan pada properties, lihat gambar dibawah ini.
9.
Kita pilih warna hitam dan font Times
New Roman. Baru kita jadikan teks itu menjadu=i animasi carany sebagai berikut:
10. Klik
layer 1. Untuk membuat warna tulisan tampak menarik kita harus membuat layer
baru yaitu dengan cara mengkilik layer insert, akan muncul layer 2.
11. Kemudian
kita buat warna dasar yang menarik, kita bisa menggunakan bentuk gambar atau
warna yang kita buat sendiri. Contoh kita menggunakan dengan gambar/photo.
12. Pilih
menu file, Import lalu cari gambar yang kita gunakan.
13. Kemudian
kita samakan gambar yang kita inport tadi dengan ukuran layar kerja seperti
gambar 1.8
14. Kemudian
kita pilih layer dan klik layer 20
kemudian klik kanan pada frem 20 dan pilih insert keyframe
15. Begitu
juga dengan layer 1. Kita lakukan hal yang sama dengan layer 2. Kemudian kita
pilih layer 2 dan klik titik hitam di frame 30 dan klik kanan lalu pilih create
Motion Tween.
16. Masih
di layer 2 kali ini kita klik frame 1 dilayer 2 dan klik kanan lalu pilih
Create Motion Tween.
17. Layer
2 akan berubah seperti di bawah ini.
18. Kemudian
di frame 30 pada layer 2 kita geser gambar kearah yang berbeda dengan mengklik
gambar tersebut dan menggeserkannya.
19. Setelah
itu kita pindahkan layer 1 berada diatas layer 2 dengan cara menklik tulisan
layer 1 dan menggeserkannya ke atas layar 2.
20. Setelah
itu klik kanan tulisan layer 1 dan pilih maks.
21. Untuk
melihat hasilnya klik control, test move kita bisa melihat hasilnya.
22. Bila
hasilnya telah selesai sesuai yang kita inginkan maka langkah selanjuatnya
yaitu menyimpan dengan cara klik file, publish setting.... akan muncul tampilan
seperti gambar 2.2
23. Di
dalam publish setting kita pilih flash (swf) atau klik publish lalu setelah itu
oke. Dan klik file save as bari nama kamus dan save setelah itu kempali klik
file, publish.
24. Setelah
selesai kita lihat hasilnya dengan membuka documen yang telah kita save.
Mengenal simbol dan animasi frame
By frame.
Dasar teori
Simbol adalah object yang ada pada document flash
ddan dapat di duplikasi sebanyak-banyaknya ke move.
Tampa menambah ukuran movie tersebut, secara umum
pada flash, dikenal 3 jenis simbol yaitu :
ü Movie
Clip
ü Button
ü Grafhic
Teknik
animasi frame by frame merupakan teknik dasar, diamana kita harus membuat
secara manual setiap pergerakan objek di stage. Teknik animasi ini bnyak
digunakan pada pembuatan film kartun karena pergerakannya sangat halus, namun
pembuatannya di butuhkan kesabaran dan ketelitian sehingga memakan waktu yang
sangat lama.
Praktek
Latihan 1
1.
Buka document / lembar kerja baru cara
klik file => new
2.
Klik oval tool pada ToolBox, lalu atur
warnanya di ToolBox dengan bagian color.
3.
Klik tombol fill color, lalu pilih warna
biru.
4.
Buat sebuah lingkaran di stage, hasilnya
kita akan mendapatkan sebuah lingkaran berwana biru klik Selection Tool,
kemudian seleksi objek lingkaran yang ada Stage lalu klik kanan => pilih
convert to symbol. Kotak dialog convert to symbol akan muncul. Pilih jenis
simbol graphic, kemudian ganti name dengan nama “ symbol lingkaran”=>klik
oke.
5.
Setelah objek menjadi simbol, objek
tersebut akan mempunyai icom masing-masing sesuai simbolnya. Ikon symbol
tersebut dapat dilihat pada panel library. Untuk melihatnya klik windows pada
menu bar => library
6.
Buat bentuk kotak dengan menggunakan
rectangle tool kemudian coba anda konfersikan dengan menggunkan type movie atau
button. Kemudian lihat ikon tersebut pada panel library.
7.
Kemudian simpan praktek diatas.
0 komentar:
Posting Komentar